Minggu, 28 Desember 2014

Memang bisnis online bisa dikerjakan TANPA MODAL?

no money
Bicara tentang bisnis online, di zaman sekarang ini saya sering bertemu pe-bisnis online baru di berbagai forum atau media sosial dan mereka bercita-cita untuk mendapatkan penghasilan yang besar yang instan. Namun, sebagian besar dari mereka tidak tau darimana harus memulainya, dan banyak dari mereka tidak mau menginvestasikan modal awal dalam bisnis online mereka. Sedangkan pada kenyataannya, hampir tidak mungkin untuk memulai bisnis online di internet tanpa mengeluarkan modal uang pada hal dasar seperti koneksi internet, biaya promosi dan lain sebagainya. Oleh karena itu, disini adalah panduan kasar tentang bagaimana membangun bisnis online di internet mulai dengan Rp,0.

Yang pertama dan paling penting yang dilakukan adalah membuat daftar semua keahlian Anda. Buatlah list keterampilan apa saja yang Anda miliki. Anda bisa mengambil keterampilan ini dari kehidupan sehari-hari Anda (misalnya menyanyi, menari, menulis, dsb), bisa juga tentang pekerjaan Anda (misalnya kerja kantoran, dll) atau bisa juga diambil dari hobi Anda (misalnya olahraga, berkebun, dsb). Jika hal ini sudah Anda buat maka artinya Anda sudah mendapatkan 1 modal utama untuk menjalankan bisnis online di internet. Caranya yaitu Anda bisa menjual kemampuan Anda di internet tentang keterampilan yang Anda miliki, seperti membuat panduan tentang ...bla..bla..bla... dll. Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk memperoleh pengetahuan ini: Karena Anda sudah memilikinya.

Jadi, jika Anda tidak memiliki uang untuk memulai bisnis online, maka pilihannya adalah mencari modal dari keterampilan atau pengetahuan yang sudah Anda miliki. Anda dapat mengajarkan hal tentang hobi Anda kepada orang-orang yang tertarik, Anda dapat menulis panduan pengetahuan atau keterampilan yang Anda miliki atas pengalaman Anda sendiri dan tidak bisa ditemukan dalam buku-buku teori atau ditempat lain.

Lalu, bagaimana jika Anda tidak mau repot atau Anda tidak mampu membuat hal seperti diatas seperti membuat panduan dan lain sebagainya. Anda tidak perlu kawatir. Dengan list yang sudah anda buat tadi, Anda bisa melihat semua keterampilan yang anda miliki. Jadi pilihan kedua adalah "Menjual Jasa di Internet". Apa saja bisa dijual di internet termasuk keahlian yang Anda miliki. Seperti jasa membuat kue, jasa membuat design, jasa penulisan artikel dan lain-lain.

Nah itu tadi sebagian tips untuk sobat sekalian, sedikit banyak mudahan bisa memberikan manfaat untuk sobat semua. Selamat mencoba ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar