Minggu, 21 Desember 2014

APA SIH LANGKAH AWAL BISNIS ONLINE?

Sebagian banyak orang yang sering melakukan kesalahan dalam memulai berbisnis online, salah satunya saya sendiri (itu pasti). Sebenarnya apa sih langkah awal yang harus dilakukan dalam memulai bisnis online? Mari kita bahas sob, saatnya kembali ke lap-top...!

Google Mail

Yang pertama yang harus sobat lakukan adalah membuat sebuah email baru yang khusus digunakan untuk bisnis online. Buatlah sebuah email dari yahoo, google dan lain sebagainya, namun saya saranin lebih enaknya pake gmail dari google aja sob (recomended). Terus email yang sudah ada gimana? Email yang sudah ada gunakan aja untuk contact pribadi sob jangan dicampur adukkan dengan email yang untuk bisnis online nanti bakalan ribet tuh.

Social Media
Yang kedua, pastikan sobat punya akun sosial media ya minimal facebook dan twitter udah cukup tapi gunakan email contact aja jangan email yang untuk bisnis online tadi ya. Akun Sosial media nantinya akan berguna untuk membangun "branding" dari profil pribadi kamu dan sekaligus untuk alat promosi bisnis online kamu nanti. Pasti udah pada punya semua kan. Oke kalo gitu lanjut ya.

bisnis online
Yang ketiga apa ya? Oiya gini, kalau sobat sudah punya email khusus untuk bisnis online, dan juga akun sosial media sekarang tinggal action aja. Sobat tinggal memilih bisnis online yang model gimana yang bakalan dijalanin. Misal afiliasi, ppc, mlm online, toko online, atau sebagainya. Jika sobat belum punya pilihan silahkan sobat cari dulu deh, nanti akan saya posting tentang peluang usaha bisnis online yang saya rekomendasikan buat sobat.

Yang ke-empat yaitu promosi. Promosi bisa dilakukan secara gratis ataupun berbayar. Jika sobat mau yang gratisan sobat bisa mempromosikan bisnis online sobat di sosial media, atau iklan baris gratis dan lain sebagainya. Tapi yang menurut saya paling penting dan yang paling ampuh adalah sebuah BLOG. Iya, sobat perlu membuat blog yang akan berguna untuk menjelaskan secara rinci tentang bisnis online dan produk yang kamu promosikan. Buatlah sebuah blog yang membahas tentang produk kamu, bisa blog self hosting atau blog gratisan seperti blog ini yaitu dari blogger yang tidak lain adalah produk google. Bagi pemula sangat disarankan menggunakan blogger aja deh dulu, selain gratis blogger merupakan produk google dan yang pasti lebih mudah terindex mesin pencarian dari pada blog lain dan panduan membuatnya pun gampang dicari dan siapapun bisa membuatya. Itu lah kenapa diawal tadi saya merekomendasikan untuk membuat email dari google.
Blogger

4 (empat) hal diatas adalah wajib dilakukan oleh pebisnis online pemula, baiklah aku ringkas lagi 4 hal diatas.
  • Buat email khusus di gmail
  • Buat akun Sosial media dengan email pribadi. Jika sudah punya lewati aja.
  • Pilih bisnis online apa yang mau dijalankan.
  • Promosi & Buat blog, disarankan diawal gunakan blogger.com saja.
Gampang kan sob? Tinggal action nya saja kalau gitu. Untuk panduan membuat blog di blogger sementara sobat bisa mencari di mbah google atau akan saya posting di artikel terpisah nantinya. Tapi nggak janji ya, hehe. Makanya ikuti terus artikel blog ini dengan cara masukkan email sobat dikotak yang ada dibawah tulisan ini ya. Ditunggu komennya sobat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar